Dukung Publikasi Dosen, FDK Terbitkan Buku Pengembangan Karir

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan kesempatan bagi para dosen dilingkungannya dalam memfasilitasi penerbitan naskah akademik berkaitan dengan mata kuliah atau kajian yang mendukung proses pembelajaran dan perkuliahan. Program ini merupakan program yang baik dalam memfasilitasi perluasan dan peningkatan produktivitas karya dosen, khususnya dalam bidang penerbitan buku ajar atau buku referensi.

Salah satu naskah atau buku yang diterbitkan oleh FDK adalah buku “Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam berbasis Pengembangan Karir” dengan penulis Moh. Khoerul Anwar, S. Pd., M. Pd., Ph. D. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa dalam mengembangkan keilmuan berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia yang dikaitkan dengan pengembangan karir. Penyusunan buku ini dibagi dalam beberapa bagian. Misalnya pada bagian pertama dan kedua tentang pengembangan karir dan orientasi karir baru serta kebijakan dan prosedur dalam MSDM. Bagian ini mengupas tentang bagaimana peranan pengembagan karir dan orientasi karir baru saat ini serta kebijakan-kebijakan berkaitan dengan MSDM. Bagian ketiga dan keempat berkaitan dengan rekruitmen dan pengembangan SDM. Bagian ke lima dan ke enam adalah manajemen pengetahuan dan pengetahuan pekerja serta manajemen konflik. Bagian tujuh adalah dan manajemen SDM Internasional. Setelah ketujuh bab tersebut, buku ini juga dilengkapi dengan evaluasi pembelajaran bagi para pembaca, khususnya bagi para mahasiswa.

Fokus pembelajaran dalam buku ini adalah membantu pembaca, khususnya para mahasiswa dalam memahami dan mengetahui konsep pengembangan karir, orientasi karir baru dan manajemen SDM berdasarkan kebutuhan yang lebih praktis dan mudah. Buku ini disusun secara sistematis sesuai dengan kebutuhan dan pengenalan konsep pengembangan karir dan orientasi karir era saat ini. Lebih lanjut, Noor Saif Muh. Mussafi, S. Si., M. Sc., Ph. D sebagai Ketua Pusat Kewirausahaan dan Pengembangan Karir (CENDI) UIN Sunan Kalijaga mengatakan bahwa salah satu bagian yang menarik dalam buku ini yaitu mengangkat karir protean sebagai orientasi karir baru yang menjanjikan. Perusahaan tidak lagi ditasbihkan sebagai penggerak karir namun kemandirian setiap individu dalam mengidentifikasi nilai-nilai kesuksesan dan manajemen karir menjadi kunci dalam pendekatan tersebut. Individu dengan karir protean akan mempunyai motivasi dan target tertentu dalam penentuan ritme karir sesuai minatnya dan dibimbing oleh nilai-nilai intrinsik. Sebagai pengurus pusat karir di Perguruan Tinggi, tentu isu ini menjadi tantangan tersendiri dalam upaya memperluas serapan angkatan kerja sarjana. Karir protean dapat diartikan bahwa mahasiswa sudah harus memiliki orientasi atau peta karir yang jelas sebelum mereka lulus. Mahasiswa seyogyanya dibimbing oleh seorang psikolog industri untuk memiliki portfolio yang komprehensif dan mengarah kepada spesialisasi pekerjaan yangakan ditekuni mereka di masa depan.

Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan penulis sampaikan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah memfasilitasi proses penerbitan naskah ini. Penyempurnaan maupun perubahan buku di masa mendatang senantiasa terbuka dan dimungkinkan, mengingat perkembangan situasi, kebijakan dan peraturan yang terus berubah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *